Pelajaran Dasar Mencuci, Kenali 20 Jenis Kain Ini

Macam-macam kain memiliki beragam tekstur dengan ciri khas masing-masingnya. Jenis kain tersebut pun memiliki keunggulan dan kelebihannya yang variatif ketika digunakan sebagai material dari pakaian sehari-hari. Mengetahui jenis kain yang ada pada pakaian tersebut akan memudahkan ketika kita mencucinya. Karena beda kain beda cara mencucinya. Di artikel pertama sudah 10 jenis, sekarang kita lanjut ya.

11. Kain sutra dengan penampilan mahal dan berkelas

Jenis kain ini terbuat dari kepompong ulat sutra. Tampilannya terlihat berkelas karena memiliki efek mengilap yang natural. Permukaannya yang tipis dan mampu menyerap air, membuat bahan kain yang satu ini sangat mudah sobek. Perawatannya pun harus diperhatikan agar bisa bertahan lebih lama.

 

 

 

12. Bahan velvet atau beludru yang kembali naik daun

Bahan velvet atau beludru, menjadi salah satu jenis kain yang juga memiliki penampilan mahal dan berkelas. Jenis kain yang satu ini banyak digunakan untuk gaun-gaun malam pada awalnya, tapi seiring berjalannya waktu, banyak juga pakaian kasual yang terbuat dari bahan satu ini.

Velvet sendiri memiliki bentuk yang lebih tebal, dan permukaannya seperti memiliki bulu-bulu halus. Bahan kain satu ini pun memiliki sifat yang tak kuat panas, jadi sebaiknya jangan disetrika, ya.

 

13. Bahan wool yang menghangatkan tubuh

Jika kamu melihat jaket, sweater, hingga scarf yang dipakai untuk musim dingin, biasanya terbuat dari bahan wool. Bahan ini memiliki karakteristik tebal dan kesan yang mewah. Tapi bahan kainnya mudah menyerap air, sehingga apabila ada noda yang menempel cenderung lebih susah untuk dibersihkan.

 

 

 

 

 

 

14. Kain brokat yang dominan untuk dikenakan sebagai bahan kebaya 

Sering mengenakan kebaya untuk kondangan? Pasti kamu tahu kalau jenis kain brokat menjadi salah satu macam kain yang digunakan sebagai bahan dasar kebaya. Modelnya yang mewah membuat kebaya brokat cocok digunakan untuk acara resmi seperti pernikahan atau pesta formal. Detail brokat yang terdiri dari sulaman bertekstur bunga atau dedaunan ini tentunya memperkaya tampilanmu saat menghadiri acara formal.

 

 

15. Kain sifon yang membuat tampilan setingkat lebih mewah dan klasik 

Jenis kain sifon merupakan bahan sintetis yang terbuat dari perpaduan antara bahan nilon, sutra, katun, polyester dan rayon. Tekstur dari kain ini terasa ringan, tipis dan transparan. Bahan sifon biasanya dipakai sebagai pelapis gaun malam dan pakaian formal. Tapi yang jadi kekurangan dari kain sifon ini adalah susah menyerap keringat. Jadi, kamu yang mudah berkeringat, coba kenakan kain sifon dengan beberapa paduan bahan lain seperti katun atau spandeks.

 

 

16. Kain rajut yang berbahan tebal dan hangat 

Saat berada di cuaca yang dingin, kain rajut menjadi salah satu bahan pakaian yang diandalkan. Struktur dari jenis kain ini terbentuk dari jeratan benang-benang yang saling bertautan. Kain ini memang tidak bisa menyerap keringat dan tidak cocok dikenakan saat cuaca panas. Namun kelebihan dari kain rajut ini adalah jenis kain yang memiliki fleksibilitas yang cukup baik sehingga pemakai bisa bergerak lebih leluasa.

 

 

 

17. Kain twistcone yang bahannya mirip dengan sifon 

Kain twistcone sekilas mirip dengan karakter jenis kain sifon. Tapi bedanya bahan kain ini lebih tebal dan berat dibandingkan dengan sifon. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kain ini akan tembus pandang. Untuk tampilan yang lebih proper saat beraktivitas di kantor, bahan kain twistcone memberikan kesan lebih jatuh dan pas di badan. Selain itu, berbeda dengan kain sifon, bahan twistcone tidak mudah berbau dan lebih adem.

 

 

 

18. Bahan jersey yang fit body 

Selain bahan lycra, jersey juga menjadi macam kain yang pas digunakan untuk pakaian olahraga atau sportswear. Kainnya elastis, halus, tidak berbulu, cukup tebal dan mudah melar. Yang membedakan dengan kain lycra adalah kemampuannya untuk memberi lekukan atau fit di tubuh. Bisa disebut juga bahan jersey ini menempel dengan kulit.

 

 

 

19. Bahan rayon yang sintetis dan adem dikenakan 

Jenis kain ini memiliki tekstur yang sedikit licin, mengilap dan jatuh saat dikenakan. Bahan pakaian yang terbuat dari jenis kain rayon memang dikenal adem dan mudah sekali menyerap keringat. Jadi, tidak heran kalau macam kain rayon sangat cocok dipakai dalam berbagai kondisi cuaca.

 

 

 

 

20. Kain viscose yang menyerupai tekstur kapas 

Ingin mengenakan pakaian yang teksturnya lembut dan adem? Coba saja andalkan kain viscose sebagai dominasi bahan pakaianmu. Jenis kain ini memiliki serat organik yang merupakan buatan manusia. Struktur kain yang menyerupai kapas terasa lembut ketika terkena kulit di saat cuaca dingin. Kebalikannya, kalau berada di cuaca yang panas, serat viscose membuat badan kamu terasa hangat.



WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?